Skip to main content

Ilmu..

Bismillahirrahmanirrahim..
Ada salah satu hal yang menarik yang saya dapatkan dari khutbah sholat Jum’at pada tanggal 29 Desember 2017 kemarin.. yaitu sedikit makna dari kata “ilmu” dalam bahasa arab yang terdiri dari 3 huruf yaitu huruf ain, lam dan mim..

Ini yang dijelaskan oleh khatib tentang susunan huruf itu..

Yang pertama, huruf ain..
Huruf ain berada di depan dengan bentuk seperti mulut yang terbuka berarti dalam menuntut ilmu kita perlu membuka diri dan memposisikan diri seperti dalam keadaan lapar untuk menerima makanan yang datang..

Yang kedua, huruf lam..
Huruf lam yang menjulang tinggi ini bisa diartikan bahwa Allah akan menaikkan derajat orang yang beriman dengan ilmu yang mereka miliki beberapa derajat lebih baik dari pada yang tidak berilmu..

Yang ketiga, huruf mim..
Huruf mim yang berada di belakang dan berujung ke bawah bisa memberikan arti bahwa sebanyak apapun ilmu yang dimiliki tetap haruslah berendah hati dan tidak boleh sombong atas ilmu yang telah dikuasai..

Kurang lebihnya itu yang saya tangkap dari penyampaian khutbah jumat kemarin.. betapa bagusnya apabila saat khutbah jumat kita (sebagai laki laki) menyimak apa yang disampaikan khatib pada khutbahnya dan kemudian menyapaikan ilmu yang telah didapatkan kepada keluarga yang ada di rumah atau orang lain..

Apabila ada kesalahan saya mohon maaf.. :)

Comments

Popular posts from this blog

Analogi: Manuver Kumbang

Suatu hari aku melihat seekor kumbang aka wawung yang tengah terbang dengan manuver manuver yang agak menggangguku dan tiba tiba si kumbang turbulensi dengan manuvernya jatuh ke lantai lalu terdiam dengan posisinya yang terbalik di lantai, si kumbang terus berusaha untuk dapat membalikan badannya kembali dan beberapa saatpun berlalu dan si kumbang terdiam, aku kira si kumbang sudah mati, ya karena kumbang juga mempunyai cara untuk mengelabui musuhnya yaitu dengan cara pura pura mati dan aku berniat untuk menyingkirkan si kumbang dari lantai, karena takut bila si kumbang akan terinjak oleh orang lain.. namun, aku tidak langsung menyingkirkan kumbang dari tempatnya.. dan aku mau mengamatinya dulu, hehe.. :D

Analogi: Batu Zamrud

Ide ini muncul begitu saja ketika Aku sedang belajar IPS Geografi tentang batuan. nah di bumi ini ada tiga macam batuan yaitu batuan beku batuan sedimen dan batuan metamorf. ketika batuan ini terbentuk melalui berbagai macam proses.

Penilaian

Yang aku tau, segala apa yang terjadi disekitarku itu awalnya tidak ada nilainya atau netral.. Hujan, gerimis, mendung, cerah, terik.. itu tak bernilai, netral, tawar tak berasa..